Friday, July 14, 2006

Tentang JRC


JRC adalah sebuah organisasi non-profit bagi para pengendara motor Yamaha RZR-RXZ 135 cc yang pertama di Indonesia. Hingga saat ini, tetap menjadi sebuah klub yang solid dan eksis di tanah air. JRC dibentuk berdasarkan konsep hobby, kebersamaan serta kekeluargaan yang kental. Dicetuskan pertama kali oleh Bro Giovanni Wahyudi Kohoutek dan Bro Andri Irawan yang memiliki gagasan, visi, jiwa, dan idealisme yang sama untuk membangun sebuah komunitas yang positif dalam sebuah wadah organisasi klub motor.

Jakarta RZR Club – Bagi sebagian orang, 13 (tiga belas) adalah angka yang seringkali disebut-sebut sebagai angka sial. Untuk JRC adalah sebaliknya. Angka itu mewakili jumlah pemilik motor Yamaha RZR 135 cc yang beruntung menghadiri rapat pertama yang diselenggarakan pada akhir September 1999. Dalam rapat tersebut, mereka sepakat membuat organisasi dalam bentuk klub motor yang resmi berdiri pada tanggal 19 September 1999 (19091999) bernama Jakarta RZR Club (JRC). Dengan ketua JRC terpilih pada saat itu, almarhum Pak Otto Kasakeyan.

Jakarta RZR-RXZ Club – Empat tahun berselang. Komunitas JRC semakin lama, semakin berkembang. Lewat Rapat Anggota Istimewa yang diselenggarakan pada hari Minggu, 20 Juli 2003 di rumah Bro Agus Supriyadi, Jakarta Selatan. Mayoritas dari 33 anggota JRC yang hadir, sepakat untuk menambahkan kata RXZ dalam nama klub. Pasalnya, kenyataan bahwa banyak juga anggota JRC yang menunggangi kuda besi Yamaha RXZ 135 cc, tak bisa dihindari. Sehingga, saat itu juga, diputuskan bahwa nama klub berubah menjadi Jakarta RZR-RXZ Club dengan akronim tetap, yakni JRC.

Jabodetabek RZR-RXZ Club – Lagi-lagi JRC tidak takut akan perubahan. Karena perubahan adalah dinamika dalam berorganisasi. Selama masih sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

Sebagaimana diketahui, JRC makin berkembang pesat. Saat ini, terdaftar sekitar 100 orang anggota JRC yang terbagi dalam wilayah-wilayah berdasarkan domisili, yaitu: Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Melihat fakta tersebut, pendiri, pengurus dan anggota JRC sepakat bahwa kepanjangan Jakarta RZR-RXZ Club sudah tak lagi cocok dengan perkembangan organisasi yang ada.

Minggu, 15 Januari 2006, di pelataran Kolam Renang Senayan, lewat mekanisme yang sesuai dengan AD/ART, ditetapkan bahwa: kepanjangan JRC resmi berubah menjadi Jabodetabek RZR-RXZ Club. Dengan maksud, wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, sejajar dengan seluruh wilayah Jakarta lainnya dan diharapkan dapat berkembang lebih luas lagi dengan sistem semi-otonomi.

Yamaha Riders Club – YRC adalah wadah pemersatu dan wadah komunikasi antar klub motor Yamaha di DKI Jakarta dan sekitarnya. Seluruh klub, termasuk Jakarta RZR-RXZ Club, berdiri dalam posisi yang sama dan pada intinya bergerak demi kemajuan bersama. Anggota YRC terdiri dari 11 klub Yamaha di DKI Jakarta dan sekitarnya. Masing-masing mewakili satu atau lebih tipe maupun merek motor Yamaha. Di mana, keberadaannya didukung penuh oleh PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) motor Yamaha se-Indonesia

Dalam keanggotaan YRC, tidak diperbolehkan terdapat klub dengan tipe sejenis walaupun dengan nama yang berbeda. Terkecuali, Yamaha Motor Rally (YMR). Karena organisasi tersebut merupakan perkumpulan pemilik motor Yamaha yang anggotanya adalah karyawan Yamaha Manufacturing. Hal ini dimaksudkan agar klub-klub Yamaha di DKI Jakarta dan sekitarnya tidak terpecah-pecah menjadi klub-klub kecil yang akhirnya akan merugikan keberadaan klub dengan tipe khusus tersebut.

Atensi Jabodetabek RZR-RXZ Club terhadap dunia otomotif nasional antara lain diwujudkan dengan bentuk keikutsertaan anggota dalam berbagai event seperti: Drag Bike, Road Race, Freestyle Contest dan Modification Contest yang diselenggarakan di Jakarta dan sekitarnya, bahkan di kota-kota lainnya.

Demi meningkatkan rasa persaudaraan (brotherhood) dan mempererat rasa silaturahmi, JRC kerap menyambangi brothers klub motor se-Tanah Air secara berkala. Diwujudkan dalam bentuk konvoi dalam kota maupun turing luar kota. Ini sekaligus bertujuan untuk mendidik anggota-anggota JRC supaya dapat disiplin serta berkendara dengan aman (safety riding) di jalan raya.

Kepedulian JRC pada lingkungan sekitar dan kemasyarakatan juga tercermin melalui berbagai kegiatan sosial. Mengusung semangat “Dari Kita Untuk Mereka”, anggota JRC bahu-membahu menggunakan daya, upaya, tenaga serta dana untuk menunjukkan kepedulian kepada sesama. Antara lain: menyelenggarakan bahkan menjadi sukarelawan dalam kegiatan rutin tahunan donor darah, dan atau ikut serta memberi bantuan kepada korban bencana alam (banjir, longsor, gempa bumi, tsunami) bagi yang membutuhkan.

Agar aktivitas JRC tetap berada dalam jalur yang semestinya, seluruh kegiatan yang diselenggarakan JRC selalu didukung, didampingi dan dibina oleh Bapak Kombes (Pol.) Drs. Robert H. Senduk, S.H., M.M., MSc., selaku Pelindung dan Pembina JRC yang sekarang ini menjabat sebagai Sekretaris Deputi Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Pengembangan-Biro Litbang POLRI.

JRC HOTLINE: 0856 926 16 501

4 Comments:

At 7:25 AM, Blogger andry bassboi said...

[JUAL]Motor yamaha RZR '97
-warna hitam
-mesin standard...bolakbalik depok jatiwaringin cm 2 liter bensin,1 liter kira2 30an kilometer
-pajak idup bgt
-karbu mikuni
-Fairingnya ada cuma ga di pasang
-pelek TK JAPAN+pelek standar 18 belakang

 
At 7:43 AM, Blogger andry bassboi said...

oiya lupa gambarnya

http://streetbass.org/forum/showthread.php?p=35043#post35043

minat hub andry (021) 913 625 32

terima kasih

 
At 3:44 AM, Anonymous Anonymous said...

salam kenal broooo

 
At 6:42 PM, Anonymous Teresia Dian said...

Mohon bantuan para bikers JRC untuk mengisi kuesioner skripsi saya ttg keanggotaan di YRFI https://docs.google.com/forms/d/15VdmdroyC-gDm-33BZxE_h5WQCX_er3VZzlLUSpm6qI/viewform … Terima Kasih

 

Post a Comment

<< Home